Kongres Ikatan Ahli Arkeologi 2014 dilaksanakan pada 15 Oktober 2014 di Phinisi Ballroom 2 Hotel Grand Clarion, Makassar, Sulawesi Selatan. Urutan pelaksanaan Kongres IAAI yaitu:

  1. Pengantar Kongres
  2. Laporan Pertanggungjawaban Ketua Umum dan Ketua Komda
  3. Penjelasan Sidang Komisi-Komisi
  4. Sidang Komisi
  5. Pemilihan Ketua Umum
  6. Pemilihan Ketua Komda
  7. Pemilihan Dewan Pertimbangan

Kegiatan Kongres mendapat dana bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sehingga lebih menitikberatkan pada masalah keorganisasian. Kongres tidak kuorum namun berdasarkan AD/ART diperbolehkan untuk menunggu selama dua jam. Hal ini dimaksudkan untuk meminta persetujuan dari peserta bahwa jumlah yang hadir hari ini adalah kuorum.

Pengambilan keputusan akan dilakukan pada Sidang Pleno. Sidang-sidang komisi hanya memberikan rekomendasi. Kongres akan meminta persetujuan floor terkait usulan perubahan-perubahan, keputusan yang diambil dengan musyawarah mufakat atau suara terbanyak mutlak.

Kongres Luar Biasa diadakan jika dianggap perlu oleh Badan Pengurus IAAI atau permintaan sekurang-kurangnya setengah jumlah Komisariat Daerah. Kongres dapat mengusulkan pembentukan Badan Usaha, serta perubahan AD/ART yang dilakukan oleh Badan Pengurus. Kongres memutuskan anggota IAAI dapat diberhentikan dengan hormat atau tidak hormat. Pemilihan Ketua Umum harus dilakukan dalam Kongres, dan calon Ketua harus hadir pada Kongres tersebut. Pemilihan Ketua Komda dapat dilakukan pada saat yang sama dalam Kongres.